VIII. Panduan Teknis Penggunaan Modul
Modul ini berisikan materi adaptasi perubahan iklim bidang kesehatan. Materi disusun berdasarkan konsep strategi adaptasi dimana pelaksanaan adaptasi harus dilakukan sesuai dengan hasil identifikasi mahasalah hingga kajian kerentanan dan risiko perubahan iklim bidang kesehatan. Oleh sebab itu materi utama dalam modul ini terdiri dari bagaimana penyusunan peta kerentanan dan risiko perubahan iklim bidang kesehatan hingga pelaksanaan adaptasi berdasarkan hasil pemetaan tersebut.
Materi dalam modul ini terdiri dari 3 materi utama yaitu materi dasar, materi inti dan materi penunjang. Materi dasar memuat kebijakan dan strategi nasional Kementerian Kesehatan dalam menghadapi perubahan iklim. Materi inti terdiri dari identifikasi masalah atau dampak hingga pemberdayaan. Sedangkan materi penunjang terdiri materi diluar materi utama seperti membangun komitmen belajar, rencana tindak lanjut dan anti korupsi.
Secara umum, petunjuk bagi peserta dalam memahami modul ini, sebagai berikut :
1. Membaca dan memahami secara cermat keseluruhan materi dalam modul ini dari awal hingga akhir
2. Materi dasar, pahami beberapa peraturan dan kebijakan Nasional Kementerian Kesehatan khususnya terkait tujuan yang diharapkan dari para peserta dalam melakukan adaptasi perubahan iklim
3. Materi inti, selesaikan satu materi sebelum menginjak kepada materi setelahnya karena materi sebelumnya merupakan pemahaman untuk materi setelahnya
4. Materi Penunjang hanya mendukung proses belajar dan tidak terkait dengan materi utama, namun perlu diperhatikan poin penting materi ini
5. Pahami tujuan, pokok bahasan dan metode pembelajaran dengan seksama
6. Ikutilah petunjuk pada "Langkah kegiatan" dari setiap materi yang diberikan
7. Pahami dan catat hal penting dari Uraian materi pada setiap bab
8. Tulislah hal yang dianggap penting dalam buku catatan tersendiri
9. Peserta diizinkan bertanya materi yang tidak dimengerti kepada fasilitator
Petunjuk bagi fasilitator dalam memahami modul dan penyampaiannya :
1. Memahami secara baik isi modul yang akan diajarkan khususnya terkait uraian materi bab.
2. Fasilitator menyediakan alat dan bahan mengajar sendiri
3. Fasilitator dapat melakukan improvisasi namun masih tetap mengikuti langkah-langkah kegiatan dan waktu penyampaian dalam modul
4. Sebagai fasilitator peserta dalam proses berlatih, tidak mendominasi proses berlatih.
5. Fasilitator membimbing dan menjawab setiap pertanyaan dan kendala peserta dan diizinkan menyadur sumber diluar modul
6. Mengorganisasikan kegiatan kelompok jika diperlukan
7. Mencatat pencapaian kemajuan belajar peserta