VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Jumlah jam yang digunakan dalam modul ini adalah sebanyak 3 JPL (T=0, P=3, PL=0). Agar proses pembelajaran dapat berhasil secara efektif dan mempermudah proses pembelajaran serta kegiatan meningkatkan partisipasi seluruh peserta, maka perlu disusun langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut :
a) Langkah 1 : Penyiapan proses pembelajaran (15 menit)
1. Kegiatan Fasilitator
a. Fasilitator memulai kegiatan dengan melakukan bina suasana dikelas
b. Fasilitator menyampaikan salam dengan menyapa peserta dengan ramah dan hangat
c. Apabila belum pernah menyampaikan sesi di kelas mulailah dengan memperkenalkan diri. Perkenalan diri dengan menyebutkan nama lengkap, institusi tempat bekerja, materi yang akan disampaikan
d. Mengali pendapat pembelajaran (apersepsi) tentang building learning commitment (BLC) dengan games brainstorming
e. Menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam BLC dan menyampaikan tujuan pembelajaran umum dan khusus dari BLC
f. Menyampaikan alur proses pelatihan yang akan dilalui selama pelatihan.
2. Kegiatan Peserta
a. Mempersiapkan diri dan alat tulis bila diperlukan
b. Mengemukakan pendapat atas pertanyaan fasilitator
c. Memperkenalkan diri dan asal institusinya
b) Langkah 2 : Review kegiatan BLC (20 menit)
1. Kegiatan Fasilitator
a. Menjelaskan petunjuk kegiatan-kegiatan (games) yang akan dimainkan
b. Memberikan kesempatan kepada peserta untuk menanyakan hal-hal yang masih belum jelas
c. Memberikan jawaban/menjelaskan lebih detail jika ada pertanyaan yang diajukan oleh peserta
2. Kegiatan Peserta
a. Mendengar, mencatat dan mempersiapkan diri mengikuti games yang akan dimainkan
b. Mengajukan pertanyaan kepada fasilitator bila masih ada yang belum dipahami
c. Melakukan tugas yang diberikan oleh fasilitator.
c) Langkah 3 : Rangkuman (15 menit)
1. Kegiatan Fasilitator
a. Meminta kelas di bagi menjadi beberapa kelompok (4 kelompok) dan setiap kelompok akan diberikan tugas diskusi kelompok, yaitu membahas harapan, kekhawatiran dan solusinya di masing-masing kelompok
b. Menugaskan kelompok untuk memilih ketua, sekretaris dan penyaji
c. Meminta masing-masing kelompok untuk menuliskan hasil diskusi untuk dipresentasikan
d. Mengamati peserta dan memberikan bimbingan pada proses diskusi
2. Kegiatan Peserta
a. Membentuk kelompok diskusi dan memilih ketua, sekretaris dan penyaji
b. Mendengar, mencatat dan bertanya terhadap hal-hal yang masih belum jelas kepada fasilitator
c. Melakukan proses diskusi sesuai dengan masalah yang ditugaskan oleh fasilitator dan menuliskan hasil diskusi pada kertas flipchart untuk dipresentasikan
d) Langkah 4 : Penyajian dan pembahasan hasil diskusi kelompok (30 menit)
1. Kegiatan Fasilitator
a. Dari masing-masing kelompok diminta untuk melakukan presentasi dari hasil diskusi yang telah dilakukan sebelumnya
b. Memimpin proses tanggapan (Tanya jawab)
c. Memberikan masukan-masukan dari hasil diskusi
d. Memberikan klarifikasi dari pertanyaan-pertanyaan yang belum dimengerti jawabannya
e. Merangkup hasil diskusi
f. Meminta perwakilan kelas untuk menunjuk seorang ketua kelas dan sekretarisnya, yang akan memimpin proses membuat komitmen pembelajaran melalui norma-norma kelas yang disepakati bersama-sama beserta pembuatan kontrol kolektifnya.
2. Kegiatan Peserta
a. Mengikuti proses penyajian kelas
b. Berperan aktif dalam proses Tanya jawab yang dipimpin oleh fasilitator
c. Bersama dengan fasilitator merangkum hasil presentasi masing-masing pokok bahasan yang telah dipresentasikan dengan baik
d. Ketua dan sekretaris kelas secara bersama dengan peserta membuat kesepakatan (norma) kelas sebagai bentuk komitmen pembelajaran beserta kontrol kolektif yang disepakati bersama
e) Langkah 5 : Rangkuman dan Evaluasi hasil BLC (10 menit)
1. Kegiatan Fasilitator
a. Bersama peserta merangkum poin-poin penting dari hasil proses kegiatan membangun komitmen pembelajaran
b. Menyimpulkan dan memperjelas norma-norma kelas yang sudah disepakati bersama peserta
c. Mengakhiri kegiatan BLC dengan mengucapkan salam dan permohonan maaf serta memberikan apresiasi dengan mengucapkan terima kasih kepada peserta
2. Kegiatan Peserta
a. Bersama fasilitator merangkum poin-poin penting dari hasil proses kegiatan membangun komitmen pembelajaran
b. Mendengar dan menyepakati hasil dari norma kelas yang telah dibuat
c. Membahas salam fasilitator