VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Jumlah jam yang digunakan dalam modul ini adalah sebanyak 2 JPL (T=1, P=1, PL=0). Untuk memudahkan proses pembelajaran, dilakukan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut :
a) Langkah 1.
Pengkondisian
1. Fasilitator memperkenalkan diri
2. Fasilitator menyampaikan tujuan umum dan khusus
3. Mengali pendapat peserta tentang pengertian dan ruang lingkup dan langkah-langkah RTL
4. Berdasarkan pendapat peserta, fasilitator menjelaskan pentingnya RTL
5. Fasilitator memberi kesempatan kepada peserta untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas dan fasilitator menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut.
b) Langkah 2.
Penyampaian materi dan penyusunan RTL
1. Peserta dibagi kelompok berdasarkan tempat kerja
2. Masing-masing kelompok menyusun RTL
c) Langkah 3.
Penyajian RTL
1. Fasilitator memilih wakil kelompok untuk menyajikan RTL masing-masing, diupayakan seluruh kelompok mendapat kesempatan untuk menyajikan secara bergantian
2. Fasilitator memberi kesempatan kepada peserta lainnya untuk mananggapi penyajian RTL yang sedang tampil
3. Fasilitator menyampaikan simpulan tentang RTL yang telah disusun peserta
4. Fasilitator menutup sesi pembelajaran dengan memastikan TPU dan TPK sesi telah tercapai
5. Fasilitator memberi apresiasi pada peserta