VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Berikut disampaikan langkah-langkah kegiatan dalam proses pembelajaran materi ini. Jumlah jam yang digunakan dalam materi ini adalah sebanyak 6 JPL (T=3, P=3, PL=0). Untuk mempermudah proses pembelajaran dan meningkatkan partisipasi seluruh peserta, dilakukan langkah-langkah kegiatan sebagai berikut:
Langkah 1
Pengkondisian
1. Penyegaran dan pencairan suasana,
2. Fasilitator menggali harapan peserta tentang materi dan keterampilan yang ingin dicapai melalui sesi ini,
3. Fasilitator menyampaikan tujuan pembelajaran, pokok bahasan dan metode yang digunakan,
4. Menggali pendapat peserta tentang iklim, perubahan iklim, gas rumah kaca, skenario iklim dan model iklim,
5. Berdasarkan informasi dasar dari peserta, pelatih menjelaskan materi dasar skenario perubahan iklim dilanjutkan dengan arahan singkat mengenai latihan dasar.
Langkah 2
Pembahasan Pokok Bahasan
1. Fasilitator menyampaikan pokok bahasan: Skenario gas rumah kaca, metode penyusunan skenario, dan penyusunan skenario perubahan iklim
Langkah 3
Latihan
1. Fasilitator memberikan arahan penyusunan skenario perubahan iklim
2. Fasilitator menugaskan peserta untuk melakukan penyusunan skenario perubahan iklim
Langkah 4
Tanya Jawab
1. Fasilitator memberi kesempatan kepada peserta untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, dan memberikan jawaban dan klarifikasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta. Fasilitator juga memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya sehingga antar peserta juga terjadi diskusi dan interaksi yang baik
2. Peserta dipersilahkan untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, dan fasilitator memfasilitasi pemberian jawaban, baik dari fasilitator maupun dari peserta lain.
Langkah 5
Rangkuman
1. Fasilitator merangkum hasil kegiatan terkait Materi Inti III.
2. Fasilitator menutup sesi pembelajaran dengan memastikan bahwa TPU dan TPK sesi telah tercapai