ModulPelatihan
Ke Menu Utama

VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Berikut disampaikan langkah-langkah kegiatan dalam proses pembelajaran materi ini. Jumlah jam yang digunakan dalam materi ini adalah sebanyak 2 JPL (T=2, P=0, PL=0).

Langkah 1.
Pengkondisian

1. Fasilitator menyapa peserta dengan ramah dan hangat. Apabila belum pernah menyampaikan sesi di kelas, mulailah dengan perkenalan. Perkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap, instansi tempat bekerja, materi yang akan disampaikan.
2. Sampaikan tujuan pembelajarn materi ini dan pokok bahasan yang akan disampaikan, sebaiknya dengan menggunakan bahan tayang.

Langkah 2.
Diskusi singkat mengenai materi yang akan disampaikan.
Peserta berdiskusi dengan metode curah pendapat terkait topik strategi dan kebijakan atau terkait peran petugas kesehatan pada aksi adaptasi perubahan iklim

Langkah 3.
Pembahasan per Materi

1. Fasilitator menyampaikan paparan materi sesuai urutan pokok bahassan dan sub pokok bahasan dengan menggunakan bahan tayang. Fasilitator menyinggung hasil curah pendapat/pemahaman yang dikemukakan oleh peserta sebelumnya.
2. Setelah itu, fasilitator memfasilitasi peserta yang ingin bertanya dengan metode tanya-jawab sederhana

Langkah 4
Rangkuman
Fasilitator merangkum hasil kegiatan terkait Materi Dasar I