ModulPelatihan
Ke Menu Utama

VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Berikut disampaikan langkah-langkah kegiatan dalam proses pembelajaran materi ini. Jumlah jam yang digunakan dalam materi ini adalah sebanyak 6 JPL (T=3, P=3, PL=0).

Langkah 1.
Pengkondisian
1. Fasilitator menyapa peserta dengan ramah dan hangat.
2. Penyegaran dan pencairan suasana,
3. Fasilitator menggali harapan peserta tentang materi dan keterampilan yang ingin dicapai melalui sesi ini,
4. Fasilitator menyampaikan tujuan pembelajaran, pokok bahasan dan metode yang digunakan,
5. Fasilitator menggugah motivasi belajar dan membuka wawasan peserta tentang perubahan iklim dan dampaknya pada kesehatan
6. Berdasarkan harapan dan agenda pelatihan, fasilitator menjelaskan tentang kegiatan pembelajaran

Langkah 2.
Diskusi singkat mengenai materi yang akan disampaikan.
Peserta berdiskusi dengan metode curah pendapat terkait topic terutama masalah kesehatan apa saja yang sedang dialami di wilayah kerjanya, apakah semakin parah dengan adanya perubahan suhu atau curah hujan bila dirasakan.

Langkah 3.
Pembahasan per materi
1. Fasilitator menyampaikan paparan materi sesuai urutan pokok bahassan dan sub pokok bahasan dengan menggunakan bahan tayang. Fasilitator menyinggung hasil curah pendapat/pemahaman yang dikemukakan oleh peserta sebelumnya.
2. Setelah itu, fasilitator memfasilitasi peserta yang ingin bertanya dengan metode tanya-jawab sederhana

Langkah 4
Latihan dengan studi kasus
Fasilitator membimbing peserta melakukan penugasan dengan diberikan kasus sesuai dengan hasil curah pendapat.
Fasilitator menugaskan peserta untuk melakukan latihan dalam:
• Identifikasi dampak perubahan iklim bidang kesehatan khususnya penyakit terkait iklim dan melakukan diskusi
• Diskusi mengenai bentuk bahaya iklim paling berpengaruh dan penyakit paling rentan terkena dampak perubahan iklim
Fasilitator memberi kesempatan kepada peserta untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, dan memberikan jawaban dan klarifikasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta. Fasilitator juga memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya sehingga antar peserta juga terjadi diskusi dan interaksi yang baik

Langkah 5
Rangkuman
Fasilitator merangkum hasil kegiatan terkait Materi Inti I.
Fasilitator menutup sesi pembelajaran dengan memastikan bahwa TPU dan TPK sesi telah tercapai.