VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Berikut disampaikan langkah-langkah kegiatan dalam proses pembelajaran materi ini. Jumlah jam yang digunakan dalam modul ini adalah sebanyak 15 JPL (T=5, P=10, PL=0). Untuk mempermudah proses pembelajaran dan meningkatkan partisipasi seluruh peserta, dilakukan langkah-langkah kegiatan sebagai berikut:
Langkah 1
Pengkondisian
1. Penyegaran dan pencairan suasana,
2. Fasilitator menggali harapan peserta tentang materi dan keterampilan yang ingin dicapai melalui sesi ini,
3. Fasilitator menyampaikan tujuan pembelajaran, pokok bahasan dan metode yang digunakan,
4. Menggali pendapat peserta analisis kerentanan dan risiko
5. Berdasarkan informasi dasar dari peserta, pelatih menjelaskan materi dasar skenario perubahan iklim dilanjutkan dengan arahan singkat mengenai latihan dasar.
Langkah 2
Penyampaian Pokok Bahasan
1. Fasilitator menyampaikan pokok bahasan: analisis tingkat bahaya, analisis tingkat kerentanan, analisis tingkat keterpaparan dan analisis tingkat risko
2. Fasilitator memberi kesempatan kepada peserta untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas dan memberikan jawaban dan klarifikasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta
Langkah 3
Latihan
1. Fasilitator memberikan arahan penyusunan analisis tingkat bahaya, analisis tingkat kerentanan, analisis tingkat keterpaparan dan analisis tingkat risiko
Langkah 4
Tanya Jawab
1. Fasilitator memberi kesempatan kepada peserta untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, dan memberikan jawaban dan klarifikasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta. Fasilitator juga memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya sehingga antar peserta juga terjadi diskusi dan interaksi yang baik
2. Peserta dipersilahkan untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, dan fasilitator memfasilitasi pemberian jawaban, baik dari fasilitator maupun dari peserta lain.
Langkah 5
Rangkuman
1. Fasilitator merangkum hasil kegiatan terkait Materi Inti 4.
2. Fasilitator menutup sesi pembelajaran dengan memastikan bahwa TPU dan TPK sesi telah tercapai