ModulPelatihan
Ke Menu Utama

VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Berikut disampaikan langkah-langkah kegiatan dalam proses pembelajaran materi ini. Jumlah jam yang digunakan dalam modul ini adalah sebanyak 10 JPL (T=2, P=5, PL=3). Untuk mempermudah proses pembelajaran dan meningkatkan partisipasi seluruh peserta, dilakukan langkah-langkah kegiatan sebagai berikut:

Langkah 1.
Pengkondisian
a. Penyegaran dan pencairan suasana,
b. Fasilitator menggali harapan peserta tentang materi dan keterampilan yang ingin dicapai melalui sesi ini,
c. Fasilitator menyampaikan tujuan pembelajaran, pokok bahasan dan metode yang digunakan,
d. Fasilitator menggugah motivasi belajar dan membuka wawasan peserta tentang manfaat interpretasi hasil analisis kerentanan dan risiko
e. Berdasarkan harapan dan agenda pelatihan, fasilitator menjelaskan tentang kegiatan pembelajaran

Langkah 2.
Pengkajian Pokok Bahasan
a. Fasilitator memutar video terkait manfaat kerentanan dan risiko
b. Fasilitator meminta pendapat peserta apa intisari dari video
c. Fasilitator menyampaikan materi:
• Definisi wilayah rentan dan berisiko
• Pemahaman dalam membaca peta kerentanan dan risiko
• Komponen penyusun kerentanan dan risiko
• Dasar penentuan prioritas aksi dan wilayah spesifik
d. Fasilitator memberi kesempatan kepada peserta untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, dan memberikan jawaban dan klarifikasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta. Fasilitator juga memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya sehingga antar peserta juga terjadi diskusi dan interaksi yang baik

Langkah 3.
Praktik I
a. Fasilitator memutar video terkait cara interpretasi hasil analisis kerentanan dan risiko
b. Peserta diminta untuk mempersiapkan bahan-bahan untuk praktik
c. Praktik � Identifikasi wilayah rantan dan berisiko
d. Praktik � Identifikasi kontribusi komponen penyusun kerentanan dan risiko
e. Praktik � Persiapan bahan interpretasi dan praktik lapang
f. Diskusi

Langkah 4.
Praktik Lapang
a. Fasilitator menjelaskan bahan-bahan untuk persiapan praktik lapang
b. Peserta mempersiapkan bahan-bahan tersebut
c. Praktik Lapang � Interpretasi hasil penilaian kerentanan dan risiko
d. Peserta dan Fasilitator kembali ke kelas dan pengkondisian

Langkah 3.
Praktik II
a. Peserta diminta untuk mempersiapkan bahan-bahan untuk praktik
b. Praktik � Analisis dan presentasi hasil lapang untuk prioritisasi wilayah dan faktor kerentanan dan risiko
c. Diskusi

Langkah 5.
Rangkuman
a. Peserta dipersilahkan untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, dan fasilitator memfasilitasi pemberian jawaban, baik dari fasilitator maupun dari peserta lain.
b. Meminta komentar, penilaian, saran bahkan kritik dari peserta pada kertas evaluasi yang telah disediakan.
c. Fasilitator menutup sesi pembelajaran dengan memastikan bahwa TPU dan TPK sesi telah tercapai.