VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Berikut disampaikan langkah-langkah kegiatan dalam proses pembelajaran materi ini. Jumlah jam yang digunakan dalam modul ini adalah sebanyak 12 JPL (T=3, P=6, PL=3). Untuk mempermudah proses pembelajaran dan meningkatkan partisipasi seluruh peserta, dilakukan langkah-langkah kegiatan sebagai berikut:
Langkah 1.
Pengkondisian
a. Penyegaran dan pencairan suasana,
b. Fasilitator menggali harapan peserta tentang materi dan keterampilan yang ingin dicapai melalui sesi ini
c. Fasilitator menyampaikan tujuan pembelajaran, pokok bahasan dan metode yang digunakan,
d. Fasilitator menggugah motivasi belajar dan membuka wawasan peserta tentang Adaptasi Berbasis Informasi Kerentanan dan Risiko
e. Berdasarkan harapan dan agenda pelatihan, fasilitator menjelaskan tentang kegiatan pembelajaran
Langkah 2.
Pengkajian Pokok Bahasan
a. Fasilitator memutar video terkait Adaptasi Berbasis Informasi Kerentanan dan Risiko
b. Fasilitator meminta pendapat peserta apa intisari dari video
c. Fasilitator menyampaikan materi:
• Fokus permasalahan dan rencana pembangunan wilayah bidang kesehatan
• Target rencana adaptasi berbasis analisis kerentanan dan risiko
• Identifikasi pilihan aksi berbasis kerentanan dan risiko
• Identifikasi pilihan aksi untuk wilayah prioritas
d. Fasilitator memberi kesempatan kepada peserta untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, dan memberikan jawaban dan klarifikasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta. Fasilitator juga memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya sehingga antar peserta juga terjadi diskusi dan interaksi yang baik
Langkah 3.
Praktik I
a. Fasilitator memutar video terkait penyusunan adaptasi berbasis informasi kerentanan dan risiko
b. Peserta diminta untuk mempersiapkan bahan-bahan untuk praktik
c. Praktik � Analisis target pembangunan daerah pada bidang kesehatan, KLHS dan dokumen pendukung lain
d. Praktik � Penyusunan target rencana adaptasi berdasarkan fokus masalah dan rencana pembangunan
e. Diskusi
Langkah 4.
Praktik Lapang
a. Fasilitator menjelaskan bahan-bahan untuk persiapan praktik lapang
b. Peserta mempersiapkan bahan-bahan tersebut
c. Praktik Lapang � Identifikasi aksi adaptasi di lapangan
d. Peserta dan Fasilitator kembali ke kelas dan pengkondisian
Langkah 3.
Praktik II
a. Peserta diminta untuk mempersiapkan bahan-bahan untuk praktik
b. Praktik � Identifikasi pilihan aksi untuk wilayah prioritas
c. Diskusi
Langkah 5.
Rangkuman
a. Peserta dipersilahkan untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, dan fasilitator memfasilitasi pemberian jawaban, baik dari fasilitator maupun dari peserta lain.
b. Meminta komentar, penilaian, saran bahkan kritik dari peserta pada kertas evaluasi yang telah disediakan.
c. Fasilitator menutup sesi pembelajaran dengan memastikan bahwa TPU dan TPK sesi telah tercapai.