ModulPelatihan
Ke Menu Utama

VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Jumlah jam yang digunakan dalam modul ini adalah sebanyak 16 jam pelajaran (T=4 jp, P=8 jp, PL=4 jp) @ 45 menit. Untuk mempermudah proses pembelajaran dan meningkatkan partisipasi seluruh perserta, dilakukan langkah-langkah kegiatan sebagai berikut :

Langkah 1.
Pengkondisian
a. Penyegaran dan pencairan suasana,
b. Fasilitator menggali harapan peserta tentang materi dan keterampilan yang ingin dicapai melalui sesi ini
c. Fasilitator menyampaikan tujuan pembelajaran, pokok bahasan dan metode yang digunakan,
d. Fasilitator menggugah motivasi belajar dan membuka wawasan peserta tentang Adaptasi Berbasis Informasi Kerentanan dan Risiko
e. Berdasarkan harapan dan agenda pelatihan, fasilitator menjelaskan tentang kegiatan pembelajaran

Langkah 2.
Pengkajian Pokok Bahasan
a. Fasilitator memutar video pengantar
b. Fasilitator meminta pendapat peserta apa intisari dari video
c. Fasilitator menyampaikan materi:
bull; Konsep kegiatan partisipatif
bull; Dasar-dasar analisis kerentanan dan risiko berbasis partisipatori
bull; Karakteristik lokal wilayah target
bull; Konsep Adaptasi Perubahan Iklim dengan Partisipasi Masyarakat
bull; Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Lokal (SDM-SDL) sebagai pendukung adaptasi
bull; Dasar-dasar penyusunan eksplorasi kapasitas masyarakat terkait adaptasi
bull; Konsep penyusunan rekomendasi adaptasi
bull; Dasar dan pertimbangan dalam pelaksanaan aksi adaptasi
bull; Desain partisipasi dan pemberdayaan masyarakat dalam pelaksanaan aksi adaptasi
d. Fasilitator memberi kesempatan kepada peserta untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, dan memberikan jawaban dan klarifikasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta. Fasilitator juga memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya sehingga antar peserta juga terjadi diskusi dan interaksi yang baik

Langkah 3.
Praktik I
a. Fasilitator memutar video terkait penyusunan adaptasi berbasis informasi kerentanan dan risiko
b. Peserta diminta untuk mempersiapkan bahan-bahan untuk praktik
c. Praktik � Analisis kerentanan dan risiko perubahan iklim berbasis partisipatori
d. Praktik � Adaptasi dan sinerginya dengan keadaan lokal
e. Praktik � Pendaftaran Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Lokal (SDM-SDL) di wilayah prioritas
f. Diskusi

Langkah 4.
Praktik Lapang
a. Fasilitator menjelaskan bahan-bahan untuk persiapan praktik lapang
b. Peserta mempersiapkan bahan-bahan tersebut
c. Praktik Lapang � Identifikasi Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Lokal (SDM-SDL) di wilayah prioritas
d. Praktik Lapang � Eksplorasi kapasitas masyarakat
e. Praktik lapang � pemberdayaan masyarakat dalam pelaksanaan aksi adaptasi
f. Peserta dan Fasilitator kembali ke kelas dan pengkondisian

Langkah 3.
Praktik II
a. Peserta diminta untuk mempersiapkan bahan-bahan untuk praktik
b. Praktik � Analisis hasil eksplorasi dan penyusunan rekomendasi
c. Praktik � Identifikasi aktor para pihak di wilayah target
d. Praktik � Penyusunan peran dan fungsi para pihak dalam pelaksanaan aksi adaptasi
e. Praktik � Implementasi dan bahan monitoring dan evaluasi
f. Diskusi

Langkah 5.
Rangkuman
a. Peserta dipersilahkan untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, dan fasilitator memfasilitasi pemberian jawaban, baik dari fasilitator maupun dari peserta lain.
b. Meminta komentar, penilaian, saran bahkan kritik dari peserta pada kertas evaluasi yang telah disediakan.
c. Fasilitator menutup sesi pembelajaran dengan memastikan bahwa TPU dan TPK sesi telah tercapai.