ModulPelatihan
Ke Menu Utama

VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Berikut disampaikan langkah-langkah kegiatan dalam proses pembelajaran materi ini. Jumlah jam yang digunakan dalam materi ini adalah sebanyak 8 JPL (T=3, P=5, PL=0). Untuk mempermudah proses pembelajaran dan meningkatkan partisipasi seluruh perserta, dilakukan langkah-langkah kegiatan sebagai berikut :

Langkah 1.
Pengkondisian
a. Penyegaran dan pencairan suasana,
b. Fasilitator menggali harapan peserta tentang materi dan keterampilan yang ingin dicapai melalui sesi ini,
c. Fasilitator menyampaikan tujuan pembelajaran, pokok bahasan dan metode yang digunakan,
d. Fasilitator menggugah motivasi belajar dan membuka wawasan peserta tentang risiko perubahan iklim bidang kesehatan melalui penayangan video e-learning,

Langkah 2.
Pembahasan per materi
a. Fasilitator menyampaikan paparan materi sesuai urutan pokok bahassan dan sub pokok bahasan dengan menggunakan bahan tayang. Fasilitator menyinggung hasil curah pendapat/pemahaman yang dikemukakan oleh peserta sebelumnya.
b. Setelah itu, fasilitator memfasilitasi peserta yang ingin bertanya dengan metode tanya-jawab sederhana

Langkah 3.
Latihan
a. Fasilitator membimbing peserta melakukan penugasan dengan diberikan kasus sesuai dengan hasil latihan materi inti I sebelumnya.
b. Fasilitator membagi kelompok
c. Fasilitator menugaskan setiap kelompok untuk melakukan latihan dalam:
• Identifikasi indikator risiko sesuai hierarki penyusunan komponen risiko
• Memberikan pembobotan dalam setiap indikator
• Presentasi setiap kelompok

Langkah 4.
Tanya Jawab
a. Fasilitator memberi kesempatan kepada peserta untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, dan memberikan jawaban dan klarifikasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta. Fasilitator juga memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya sehingga antar peserta juga terjadi diskusi dan interaksi yang baik
b. Peserta dipersilahkan untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas, dan fasilitator memfasilitasi pemberian jawaban, baik dari fasilitator maupun dari peserta lain.

Langkah 5.
Rangkuman
a. Fasilitator merangkum hasil kegiatan terkait Materi Inti II.
b. Fasilitator menutup sesi pembelajaran dengan memastikan bahwa TPU dan TPK sesi telah tercapai